Materi Customer Service

TUGAS PENTING:

  • Melayani pembeli dengan GOAL terjadi penjualan
  • Melayani konsultasi terkait produk/service

ISTILAH dalam dunia CS Toko online

  • Leads/prospek = orang yang sudah chat ke WA
  • Cabuy= Calon Buyer
  • Buyer= Pembeli
  • COD = Metode pembayaran Cash On Delivery
  • Transfer = Metode pembayaran Transfer Bank
  • CS = orang yang melakukan aktivitas melayani pembeli
  • FU = Follow up, kegiatan menghubungi kembali/menanyakan kembali

Dosa besar CS-ing

  • Yg jadi wartawan: CS!
  • Yg jadi narasumber: Leads!

Jangan kebalik

Kesalahan selama CS-ing yang wajib dihindari

Kesalahan: Tidak Sekaligus Berikan URL/LINK Produk

Contoh FU (Follow Up):

Halo [Nama Customer], Saya Lucky, CS [NamaToko] 🙂

Di akhir chat diberi link produk

Jika dearga langsung diberi link

https://dearga.com/offer

Tujuannya: jika tidak sekarang order, di kemudian hari leads mau cari info tentang produk, maka tinggal KLIK link saja.


Contoh:

Halo kak Johan, Saya Lucky, CS DEARGA Indonesia

Beberapa hari yang lalu order Jas Warna Navy, Ukuran M, metode pembayaran COD

Apakah berkenan agar saya proses pengiriman hari ini?

https://dearga.com/offer



Dengan menyertakan URL/LINK diatas, MAKA ketika calon buyer kita di suatu waktu di dalam hidupnya INGIN KEMBALI melihat – lihat akan produk yang buat dia chatting dengan Anda, dia akan langsung ngeclick sendiri URL halaman website kita!

Simpel bukan?

Kalo gak ada URL, kalo dia bingung atau lupa, dia bakalan nanyanya ke CS CS kita lagi.

Wasting time!



Dengan adanya URL/LINK pula, kita bisa gini kalo misalkan dia banyak tanya yang sebenernya infonya ada di sales page:

“Maaf kak, informasinya semuanya lengkap lohhh di URL website diatas. Bunda bisa langsung dapet jawaban atas pertanyaan bunda tanpa harus nunggu balesan dari saya 🙂

Kesalahan #2: Berondong Pertanyaan

Kesalahan #3: NO Emoticon SENYUM!

Kesalahan #6: Tak Membawa Atribut Peningkat Trust!

Kesalahan #7: Gak Jadi Wartawan

FOLLOW UP

Beberapa pertanyaan terkait follow up yg saya amati dari berjalannya Toko Online.
  1. Follow Upnya berapa kali?
  2. Biar orangnya gak keganggu saat di follow up, gimana caranya?

  • Seluruh orang bisa ngasih jawaban.
  • Seluruh orang bisa ngasih pengalamannya.
Tapi pasti gak ada yg pasti!

Bahkan pengalaman Anda satu toko-pun, pasti gak pasti juga.

Oleh karena itu, gimana kalau strateginya ya nyesuain aja dengan per customernya.

Gimana caranya?

Menggunakan perinsip “permission marketing”.

Atau penjelasan singkatnya adalah: “Marketing tapi minta ijin dulu”.


Jadi daripada bingung – bingung merangkai katanya, mendingan langsung aja tanya ke orangnya! Tanya ke leadsnya langsung! Ribeudh amat!




Lead: Saya tanya suami tetangga dulu ya….

CS: Kak ini mau diingetin lagi gak? sekitar beberapa hari kedepan gituuu. Ngeri lupa aja. Kan pasti kakak banyak chat juga di WhatsApp. Kalo diliat sekilas, kayaknya kakak orang sibuk yang sukses – sukses gitu

Note: “kakak orang sibuk yang sukses – sukses gitu” → Kalimat ngejilat 😌. 

Bisa diganti dengan “kakak kayaknya ibu yang punya banyak kesibukkan selain ngurus anak”, “kakak kayaknya mukanya bahagia banget, pasti banyak urusan di whatsapp yg berhasil kakak selesaikan”. dll.

Kalo gak mau pake ngejilat, juga gak papa. 
 

Lead: Oh iya boleh boleh.

CS: OK 2 hari lagi ya kak. Dan kalau kakak akhirnya gak jadi beli, bilang terus terang aja ya kak. Biar kakak gak jadi keganggu karena di follow up terus. Dan saya gak perlu jadi kayak tukang tagih jatohnya 😂 

Kalo saya mah ngefollow up orang, seneng – seneng aja. Kan makin banyak orang yang beli produk [XXX] ini, makin banyak orang yang [Benefit] ini, hehe.

Note: Kalau dia gak setuju, ya palingan dia revisi sendiri. Misalnya: “Emmmm follow upnya lagi ntar aja pas tanggal gajian. Tanggal 25-an”.

Intinya: Jangan nanyanya yang: “Mau kapan kak di follow upnya? Kenapa jangan nanya kayak gitu? Karena itu nanya tapi berbuah jadi dia yg nyuruh mikir! Orang disuruh mikir, keberatan! ← Entah sadar atau enggak.

Kayak elu aja, enaknya dikasih contoh kan? Coba kalo gw kasih definisi dan penjelasan doang? Enak gak? 😌

Lead: Hahaha OK.

CS: Have a nice day 👌 
Ditunggu kabar baiknya Kak 👌

 



Pas follow up, kira – kira, kayak begini:


CS: Kak, masih mau [Keadaan akhir dari kalau beli produk elu] gak? Sudah tanggal 25 nih. Udah gajian kan pastinya? Hehe.

Kak, ini saya jangan dianggep kayak lagi nagih ya. Karena saya bukan tukang tagih kartu kredit. Cuman CS doang. Jangan disemprot ya, wkwkwkwkw.

Saya cuman lagi ngingetin. Ntar kalo gak diingetin, kakak jadi ngambek kan, saya yg repot 🤣

Leads: Hahaha, yaudah mana nomor rekeningnya?/ Transfernya ke nomor rekening yg kemaren ya?

PENGIRIMAN

DEARGA menyediakan pengiriman COD dan untuk pembayaran Transfer BANK BCA
 
Rek BCA 3270420795

RESDIAN CHANDRA P

 

  • Seluruh orang bisa ngasih jawaban.
  • Seluruh orang bisa ngasih pengalamannya.

Tapi pasti gak ada yg pasti!

Bahkan pengalaman Anda satu toko-pun, pasti gak pasti juga.

Oleh karena itu, gimana kalau strateginya ya nyesuain aja dengan per customernya.

Gimana caranya?

Menggunakan perinsip “permission marketing”.

Atau penjelasan singkatnya adalah: “Marketing tapi minta ijin dulu”.


Jadi daripada bingung – bingung merangkai katanya, mendingan langsung aja tanya ke orangnya! Tanya ke leadsnya langsung! Ribeudh amat!


Lead: Saya tanya suami tetangga dulu ya….

CS: Kak ini mau diingetin lagi gak? sekitar beberapa hari kedepan gituuu. Ngeri lupa aja. Kan pasti kakak banyak chat juga di WhatsApp. Kalo diliat sekilas, kayaknya kakak orang sibuk yang sukses – sukses gitu

Note: “kakak orang sibuk yang sukses – sukses gitu” → Kalimat ngejilat 😌. 

Bisa diganti dengan “kakak kayaknya ibu yang punya banyak kesibukkan selain ngurus anak”, “kakak kayaknya mukanya bahagia banget, pasti banyak urusan di whatsapp yg berhasil kakak selesaikan”. dll.

Kalo gak mau pake ngejilat, juga gak papa. 

 

Lead: Oh iya boleh boleh.

CS: OK 2 hari lagi ya kak. Dan kalau kakak akhirnya gak jadi beli, bilang terus terang aja ya kak. Biar kakak gak jadi keganggu karena di follow up terus. Dan saya gak perlu jadi kayak tukang tagih jatohnya 😂 

Kalo saya mah ngefollow up orang, seneng – seneng aja. Kan makin banyak orang yang beli produk [XXX] ini, makin banyak orang yang [Benefit] ini, hehe.

Note: Kalau dia gak setuju, ya palingan dia revisi sendiri. Misalnya: “Emmmm follow upnya lagi ntar aja pas tanggal gajian. Tanggal 25-an”.

Intinya: Jangan nanyanya yang: “Mau kapan kak di follow upnya? Kenapa jangan nanya kayak gitu? Karena itu nanya tapi berbuah jadi dia yg nyuruh mikir! Orang disuruh mikir, keberatan! ← Entah sadar atau enggak.

Kayak elu aja, enaknya dikasih contoh kan? Coba kalo gw kasih definisi dan penjelasan doang? Enak gak? 😌

Lead: Hahaha OK.

CS: Have a nice day 👌 
Ditunggu kabar baiknya Kak 👌

 

Pas follow up, kira – kira, kayak begini:

CS: Kak, masih mau [Keadaan akhir dari kalau beli produk elu] gak? Sudah tanggal 25 nih. Udah gajian kan pastinya? Hehe.

Kak, ini saya jangan dianggep kayak lagi nagih ya. Karena saya bukan tukang tagih kartu kredit. Cuman CS doang. Jangan disemprot ya, wkwkwkwkw.

Saya cuman lagi ngingetin. Ntar kalo gak diingetin, kakak jadi ngambek kan, saya yg repot 🤣

Leads: Hahaha, yaudah mana nomor rekeningnya?/ Transfernya ke nomor rekening yg kemaren ya?

Note: materi di atas memang tidak urut, karena menyesuaikan dengan kondisi saat ini

DIGITALL.ID