Opps, tunggu dulu.. APA itu CRM?
Customer Relationship Management adalah strategiĀ usaha untuk menjalin hubungan dengan customer Anda
CRM ini akan berorientasi pada customer dengan tujuan menciptakan kepuasan customer sehinggan kembali membeli bahkan ikut mempromosikan produk atau usaha kita.
Ya, memang Customer Relationship Management tools ini belum begitu familiar untuk onlineshop di Indonesia dikarenakan rutinitas yang dijalani saat ini masih berorientasi pada mencari customer baru secara terus menerus baik dengan trafik organik maupun berbayar.
Tidak ada salahnya mencari customer baru secara terus menerus, akan tetapi mempertahankan customer adalah kunci dari kebertahanan usaha itu sendiri.
Belum lagi ketika kita mengakuisisi customer baru itu seringkali menemui beberapa hambatan seperti biaya per akuisisinya yang semakin hari semakin naik dengan diiringi perang harga oleh kompetitor, market yang sempit untuk dikembangkan, kemudian update kebijakan dari platform yang semakin kesini semakin mempersulit advertiser, algoritma yang terus menerus update dan masih banyak lagi.
Oleh sebab itu, mempertahankan customer yang ada saat ini adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh pelaku onlineshop supaya usaha itu tetap bertahan dan berjalan berkepanjangan. Apalagi ketika kompetitor kita belum menerapkan hal ini maka kita berada satu langkah di depan mereka.
Tomas Jorgi
Penjual Layangan Digital
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sed nec sagittis dolor. Maecenas quam nunc, tincidunt quis facilisis ut, faucibus eget lacus
Tony Stark
Pemilik Bengkel
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sed nec sagittis dolor. Maecenas quam nunc, tincidunt quis facilisis ut, faucibus eget lacus